Pj Wako Padang Panjang Sonny Terima Duplikat Bendera Pusaka dari BPIP

JAKARTA - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, menerima duplikat Bendera Pusaka Merah Putih yang akan dikibarkan pada Upacara Bendera 17 Agustus 2024 Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Padang Panjang. 

Penyerahan bendera tersebut diserahkan  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi di Balai Samudera, Jakarta Utara, Senin (5/8/2024) kemarin.

Penyerahan duplikat bendera pusaka ini merupakan bagian dari implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, khususnya pada Pasal 8 Ayat 1-3. 

Momen ini mengulang peristiwa bersejarah 55 tahun lalu, pada 5 Agustus 1969 ketika Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto memberikan duplikat bendera pusaka kepada gubernur dan kepala daerah di seluruh Indonesia.

Presiden Republik Indonesia ke-5 yang juga Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri menyampaikan, penyerahan duplikat bendera pusaka ini adalah simbol penguatan komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila. 

Acara ini bertujuan memperkuat semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air di seluruh penjuru Indonesia. Duplikat bendera pusaka yang diserahkan diharapkan dapat menjadi simbol dan pengingat akan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara.

“Kami berharap setiap kepala daerah menganggap bendera ini sebagai lambang persatuan dan kebanggaan bangsa yang harus dijaga dan dikibarkan dengan penuh kehormatan. Semoga momen ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus melestarikan dan memperjuangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” harapnya.

Sementara Pj Wako Sonny mengatakan, suatu kehormatan bagi Kota Padang Panjang menerima duplikat bendera pusaka ini. 

“Ini bukan hanya simbol kebanggaan, tetapi juga tanggung jawab kita untuk menjaga dan mengibarkannya dengan penuh rasa hormat pada momen-momen penting. Kita berkomitmen untuk menggelorakan nilai-nilai Pancasila dan semangat nasionalisme di wilayah Padang Panjang,” ujarnya.

Yudian Wahyudi berharap para kepala daerah dapat meletakkan duplikat bendera pusaka ini pada tempat yang khusus dan aman. 

“Bendera ini akan dikibarkan pada peringatan HUT RI  dan juga pada peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni,” terangnya.

Acara ini juga diikuti Kepala BPBD dan Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP. M.Si dan  M. Geovan Rizal Al Ghaza dari SMA N 1 Sumbar yang mewakili Paskibraka Kota Padang Panjang, serta  berbagai pejabat dan perwakilan dari seluruh daerah. Jl


Topik Terkait

Baca Juga :