Parade Kendaraan Hias di Padang Panjang, Kreasi Dinas PUPR Bikin Penonton Takjub

PADANG PANJANG - 19 AGUSTUS 2024 - Jalan Sudirman Kota Padang Panjang dipadati masyarakat yang sangat antusias menonton pawai Alegoris dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI.

Bukan hanya penampilan dari marching band yang hadir. Bahkan, tari-tarian, karnaval, parade kendaraan hias dan berbagai kostum anak-anak sekolah se-Padang Panjang, juga ikut mewarnai barisan pawai ini.

Kendaraan hias terdiri dari mobil, motor milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dihias sedemikian rupa dan menampilkan ciri khas dinas masing-masing. 

Ada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dengan mobil kereta apinya. Kodim 0307/TD dengan mobil berkonsep tank baja dan masih banyak lagi jenis kendaraan hias yang memiliki hiasan nyentrik dengan warna cerah dominasi merah serta putih. 


Uniknya diacara parade ini, tampak salah satu kreasi mobil dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membuat hiasan mobil dengan tema truck loader, saat memandanginya warga jadi takjub seperti terhipnotis.

Pegawai Dinas PUPR, Budi Prasetyo berbagi cerita proses menghias mobil tersebut hingga berubah menjadi loader truck yang gagah.

"Mobil ini kami namakan Hilux Loader yang merupakan gabungan dari merek Hilux dan truck loader. Proses menghiasnya membutuhkan waktu sekitar lima hari. Kami memberikan semua detail dari gear hingga bucket-nya kami buat semirip mungkin," tuturnya.

Sementara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) menampilkan mobil perpustakaan keliling dihiasi dengan properti seperti buku-buku yang diletakkan di atas kap mobil. 

Selanjutnya, sebagai bentuk kebanggaan, beberapa OPD juga memamerkan segudang prestasi yang sudah diraih. Seperti piala, berbagai macam piagam hingga medali.

Beragam penampilan pawai ini menjadi tontonan menarik bagi masyarakat khususnya anak-anak yang hadir dibawa orang tuanya. Dengan adanya partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, pawai alegoris akhirnya berhasil merayakan kemerdekaan dengan meriah. (mg/aisyah/an)


Topik Terkait

Baca Juga :